Minggu, 12 Juni 2011

psikologi anak

Anak dan Media


Tugas Kelompok
Tugas Individu fitria
Tugas individu isnani
Data Umum
Jenis : Film
Judul : Jim Jam & Sunny vol.04
Durasi : 45:02
Tahun : 14 Mei 2009
Jenis : Majalah anak-anak, BOBO
Judul : Cerita Mencuci Tangan dengan gambar.
Edisi : 24 Febuari 2011-06-12


Jenis : majalah anak-anak, BOBO
Judul : cerita dari negeri dongeng → bayangan pengacau
Edisi : 24 februari 2011-06-12


Penyampaian Content
Film ini banyak bercerita tentang boneka yang besarnya mirip manusia.
Di dalam majalah anak-anak ini penuh dengan gambar dan kata-kata serta huruf-huruf yang sangat menarik, tapi yang lebih menarik itu dari gambarnya yang full colour dan lucu.
Dalam penyampaian cerita ini di sertai dengan gambar dan ini memungkinkan anak cepat memahami apa yang sedang di bacanaya. Gambarnya penuh warna dan ceritanya tidak membingungkan.
Content
Dalam film ini terdapat 4 tema penyampaian, yakni :
Sesi 1 :
Tentang misi ekspedisi atau perjalanan guna menemukan harta karun.
Sesi 2 :
Menceritakan hari yang serba dengan warna hijau oleh Jim Jam.
Sesi 3 :
Menceritakan tentang Ratu dan Kerajaan Merah.
Sesi 4 :
Pengantar sebelum tidur
Cerita yang ada dalam majalah anak-anak ini ialah mengajarkan kebersihan pada anak-anak yang sedang membacanya agar dapat mengerti akan arti dari kebersihan dan disiarkan dengan gambar-gambar.
Menceritakan tentang kejahatan pipoyot terhadap putri Nirmala
Tujuan atau materi yang ingin disampaikan atau pelajaran yang bisa diambil
Dalam film ini terdapat 4 tema penyampaian, yakni :
Sesi 1 :
Membangun kerjasama, melatih konsestrasi untuk mendengarkan dan melihat tayangan tersebut dalam waktu yang bersamaan.
Sesi 2 :
Melatih agar mampu melukis dan mampu berfikir untuk dapat memadupadankan warna.
Sesi 3 :
Melatih untuk lebih mengenali warna secara terfokuskan.
Sesi 4 :
Mengembangkan imajinasi.
Keseluruhan :
Dari kesemua sesi dalam film ini bertujuan untuk melatih konsestrasi anak dan lebih meningkatkan daya ingat anak terhadap sesuatu hal dan diajarkan tentang kerjasama untuk mencapai tujuan. Melatih mengenali satu warna dan beljar untuk memadupadankan warna
Disini diceritakan tentang bagaimana arti dari kebersihan dan manfaat dari kebersihan,
Dalam cerita “bayangan pengganggu” memberikan pesan moral bahwasanya apabila kita menjadi orang jahat seperti pipiot maka pada akhirnya kita akan celaka.
Sasaran pembaca atau penonton
Sasaran film ini ialah untuk anak-anak usia 3-6 tahun dengan semua jenis kelamin.
Untuk anak-anak usia 3-5 tahun dengan semua jenis kelamin
Sasaran film ini adalah untuk anak perempuan usia 3 - 6 th.
Pengemasan media(kelebihan dan kekurangannya)
Kelebihan :
Dalam film ini mempermudah anak untuk mengenali beberapa jenis warna dan objek serta dapat melatih kerjasama dan meningkatkan daya ingat. (lugas dan tidak berputar-putar lebih menarik karena penuh dengan warna)
Kekurangan :
Film ini membutuhkan perhatian dengan seksama karena tidak ada pengulangan dialog.
Kelebihannya :
Dalam majalah bobo ini khusus untuk judul yang saya angkat ini lebih menarik karena ceritanya penuh akan gambar yang sangat inspiratif yang dari situ bisa langsung dilihat makna yang terdapat di dalamnya (gambar menarik dan dapat menceritakan segala bentuk tujuan secara lugas)
Kekurangannya :
Dalam ceritanya ini tidak begitu panjang seperti pada judul sesudahnya. Jadi in terlalu singkat sekali dan tulisannya pun kurang besar sehingga memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk membaca.
Kelebihannya : di dalam majalah ini tidak hanya berisikan tentang dongeng saja melainkan terdapat ilmu pengetahuan dan cerpen, dengan begini anak mampu menambah ilmu dan wawasan nusantaranya dengan membaca.
Kekurangan : tidak semua cerpen atau dongeng di sertai dengan gambar sehingga anak sulit untuk cepat mengerti apa yang menjai alur ceritanya.
Teori yang relevan
Freud dan Erikson, dan Vygotsky Bermain membantu anak dalam mengatasi kecemasan dan konflik dan mampu menambah proses berfikir
Vygotsky dan Piaget Membaca atau menggunakan audio-visual pada anak dengan hal-hal yang menarik akan mempengaruhi pola pikir anak.
Teori Tentang pikiran, Joseph Murphy mengatakan bahwa di dalam diri manusia terdapat satu pikiran yang memiliki ciri yang berbeda. Untuk membedakan ciri tersebut, maka istilahnya dinamakan dengan pikiran sadar (conscious mind) atau pikiran objektif dan pikiran bawah sadar (subconscious mind) atau pikiran subjektif

Analisis Kelompok : Jim Jam & Sunny vol.04
Dalam ini begitu banyak hal yang dapat diambil oleh anak-anak yang menonton acara tersebut, karena didalam film ini banyak memberikan pelajaran dengan cara yang cukup menarik. Dengan memfokuskan kepada warna dan warna yang difokuskan adalah warna-warna yang terang atau mencolok, sehingga memudahkan anak untuk mengingat warna tersebut. Film ini mengajarkan anak untuk mengenali warna dengan bermain, hal ini serupa dengan pendapata Freud dan Erikson, dimana dengan bermain anak mampu menenangkan dirinya dan mampu untuk mengatasi segala kecemasan dalam porsinya tersebut. Film ini seolah-olah mengajak anak untuk bermain sambil belajar, jadi tidak sulit untuk anak mereleksasikan dirinya dari masalah yang tengah dia hadapi. Dengan menonton ini juga membuat anak mampu mengasah proses kognitifnya, karena dalam film ini di ajarkan untuk berkonsentrasi serta memusatkan fikiran untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, seperti warna mana yang mendekati objek, suara apa yang sesuai dengan gambar, dll. Maka dari itu teori ini sangatlah cocok jika disandingkan dengan tema di atas.

Analisis Individu : (fitria amalia)
Jenis : Majalah anak-anak, BOBO
Judul : Cerita Mencuci Tangan dengan gambar.
Edisi : 24 Febuari 2011-06-12
Dengan membaca cerita bergambar ini sudah pasti membantu untuk proses berfikir pada anak. Karena gambar-gambar yang disajikan itu sangat jelas menggambarkan bagaiman kita harus menjaga kebersihan. Dan dengan gambar yang menarik itulah yang dapat menarik anak-anak untuk membacanya. Maka dari itu teori yang dikemukakan oleh vygotsky dan piaget ini sangatlah relevan karena memang gambar-gambar yang disajikan ini sangatlah menarik untuk dilihat dan sangat unik. Dan dari situ anak-anak bisa mulai berfikir dan memperluas proses kognitifnya anak sehingga anak dapat mengerti akan oentingnya dari sebuah arti keindahan.


Analisis individu (isnani rachmawati)
Jenis : majalah anak-anak, BOBO
Judul : cerita dari negeri dongeng → bayangan pengacau
Edisi: 24 februari 2011-06-12
Dalam majalah BOBO ini di tujukan kepada anak perempuan usia 3 - 6 th karena pada usia saat itu kemampuan menalar seorang anak belum tumbuh sehingga pikiran bawah sadar (subconscious mind) masih terbuka dan menerima apa saja informasi dan stimulus yang dimasukkan ke dalamnya tanpa ada penyeleksian, mulai dari orang tua dan lingkungan keluarga. Dari mereka itulah, pondasi awal terbentuknya karakter sudah terbangun. Pondasi tersebut adalah kepercayaan tertentu dan konsep diri. Dengan membaca majalh BOBO ini anak semakin banyak informasi yang diterima dan semakin matang sistem kepercayaan dan pola pikir yang terbentuk, maka semakin jelas tindakan, kebiasan, dan karakter unik dari masing-masing individu. Dengan kata lain, setiap individu akhirnya memiliki sistem kepercayaan (belief system), citra diri (self-image), dan kebiasaan (habit) yang unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar