Selasa, 12 Juni 2012

MY TEENS MY INSPIRATION

Tika Bisono, MpsiT.,Psi

Di dalam buku ini banyak mengupas berbagai macam dinamika hubungan remaja dan orang tua, bagaimana komunikasi itu dapat terjadi secara efektif terhadap problem remaja dan bagaimana hubungan yang dapat menjadikan problem solving yang berlandasakn komunikasi dua arah, serta memberikan pemahaman kepada setiap orang tua untuk dapat menjalin dan berhubungan dengan anak secara lebih baik dengan mengkokohkan komunikasi di dalam kehidupan.
Ada beberapa masalah yang dibahas si dalam buku ini salah satunya yaitu :
a.       “ Ibu kok main semprot aja, sih? Benar-benar nggak ngerti prasaan ku!”
·         Cerita
Meilani sebagai anak sering mengurung diri di kamar akibat seringnya dia di marahi oleh ibunya, ayahnya yang jarang pulang hanya mengkhawatirkan akibat dari diamnya melalui terhadap kepribadian anaknya kelak.Ibunya selalu mengomentari dengan semprotan-semprotan ketika melani lupa untuk memberi makan kucing dan membersihkan dapur, termasuk meletakkan handuk dan baju kotor sembarangan padahal Meani waktu itu belum semenit meletakkan handuk dan pakaian kotor, selain itu Ibunya sering mengatai Melani bahwa ia anak yang jorok dan pemalas ini semua yang membuat Melani geram menghadapi Ibunya. Tidak ada alasan yang dibenarkan Ibunya ketika Melani mulai untuk menjelaskan sebab itu semua. Melani hanya terbuka pada ayahnya dan ayahnya yang jarang pulang kerumah hanya mencoba memahami putrinya saja tanpa memberikan jalan keluarnya, inilah yang membuat Melani berharap kelak ibu dan ayahnya akan mengerti perasaannya.
·         Solusi
Kemampuan beradaptasi dan aturan yang jelas (Krysan, Moore & Zill,1990), jika anak memang sulit untuk beradaptasi dengan aturan yang kita buat , sadarilah bahwa kita ini berada di era yang bagaimana. Sesuaikan pertauran yang ada dengan perkembangan zaman yang ada, anak dengan mudah mengikuti aturan yang kita buat jika kita sebagai orang tua sadar betul akan sebuah perubahan zaman, jangan memaksakan diri kita sebagai orang tua untuk selalu mengatas namakan kata ”dulu itu” dulu memang semua anak dapat menurut pada apa saja akan tetapi untuk anak pada zaman sekarag mereka lebih bisa mengeluarkan pendapatnya untuk menolak atau meneriman, tentunya dengan kebersamaan, respek dan kepercayaan, berbagi waktu santai, nilai privat, berbagi waktu makan (Curran, 1983) maka anak dapat menyadari bahwa anak berhak mengatur keingginannya sendiri dalam bingkai pengertian yang orang tua harapkan. Serta berkomunikasilah dengan pasangan untuk memperbaiki watak anak yang ini bisa jadi sesuatu yang lebih baik ketimbang menyalahkan dengan berbagai penilaian subjektif.
·         What you can do now
-          Mulailah belajar mendengarkan orang lain sekarang juga. Orang tua terhadap anak atau pun sebaliknya.
-          Untuk dapat mendengarkan, kita harus berbicara secara bergantian.
-          Komunikasikanlah secara rasional hal-hal yang mengganggu, harapan untuk menjadi lebih baik, dan semua upaya yang ditawarkan.
-          Anak yang berhasil atau yang gagal dalam fase perkembangannya merupakan cermin bagi kita sebagai orang tuanya.
b.      “Ah Ayah bohong! Katanya, minggu ini mau jalan-jalan?”
·         Cerita
Rico 16 th dimana seorang anak yang mulai beranjak tumbuh remaja menuju dewasa, perubahan perkembangan inilah yang membuat rico membutuhkan ekstra perhatian dari kedua orang tuanya terutama ayahnya. Perhatian inilah yang memicu permasalahan di antara dia dan ayahnya yang akhir-akhir ini mulai memiliki sedikit waktu untuknya dan seringnya ayah rico untuk mengingkari janjinya. Rico kesal terhadap ayahnya akibat ayahnya dengan entengnya mengatakan “LUPA” saat janji itu tak ditepati, kenyataan inilah yang membuat Rico memiliki kenyataan pahit yang tak mungkin terbantahkan akibatnay Ricolebih memilih untuk mengurusi kegiatannya dibandingkan harus meminta ayahnya hanya sekedar menghabiskan waktu bersamanya. Ayahnya tidak mempermasalkan sikap Rico kepadanya, yang ia ketahui ia hanya mendidik anaknya untuk tidak manja dan jangan membesar-besarkan masalah yang kecil. Selain itu, ayah Rico juga melimpahkan kesalahannya ini kepada istrinya karena yang ayah Rico inginkan adalah saat dimana dia bekerja sang istri mampu untuk menggantikan peran/posisinya.
·         Solusi
Kebohongan yang anak lakukan adalah sebagai cara mereka untuk menutupi berbagai rasa kecewa yang mereka hadapi. Cukup sulit untuk menyembuhkan penyakit berbohong pada anak-anak yang sudah melakoni tabiat tersebut bertahun-tahun lamanya. Cobalah bapak mengingat kembali pada masa kecil dulu. Ketika orang tua berjanji bapak sebagai anak tentunya akan membayangkan banyak hal yang menyenangkan ketika orang tua bapak akan menepatinya. Hindari kebiasaan bapak yang berjanji itu ekspresi dan apresiasi (Krysan, Moore & Zill,1990) kan semua janji-janji bapak kepada anak melalui hal nyata dan jangan berjanji lagi jika kemungkinan besar bapak tidak dapat menepatinya.
·         What you can do now
-          Janji adalah sebuah komitmen. Oleh karena itu, jadikanlah diri sebagai orang tua yang mampu membangun komitmen terhadap anak remajanya.
-          Ajari anak untuk belajar komitmen sejak usia dini melalui komunikasi sehari-hari.
-          Cobalah bedakan antara diplomasi dan berbohong.
c.        “Aku kan udah 20 tahun, tapi Mami menganggapku seperti anak kecil terus!”
·         Cerita
Rina 20 th seorang mahasiswi, dia memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan ibunya. Ibunya yang seorang single parent selalu memberikan yang terbaik untuk anak semata wayangnya itu, permasalahannya adalah Rina yang menganggap dirinya sudah dewasa akan tetapi ibunya sering untuk mengatur hidupnya, misalnya jam 7 pagi itu waktunya apa, jam 8 pagi itu waktunya apa, dan jam 7 malam itu waktunya apa dan untuk urusan pacaranpun Rina masih tidak perbolehkan selagi masih sekolah. Ibunya yang tak pernah menomer duakan keingginan anaknya inilah yang membuat ibunya tidak dapat berfikir bahwa usia Rina tidak seperti dulu lagi, justru dengan adanya perhatian penuh inilah ibu Rina tau persis setiap tumbuh kembang anaknya.akan tetapi, yang tidak ibu Rina ketahui adalah perlakuan dan perhatian saat usia Rina anak-anak dan saat usia Rina usia 20th tidak ada pembedaannya.
·         Solusi
Ketauhilah bahwa saat usia anak beranjak dewasa tugas ibu membesarkan buah hati nyaris selesai, tugas ibu kini mendampingi serta memberiankan masukan, nasihat, dan gambaran terpuji. Dan bukan saatnya lagi untuk ibu menentukan baju atau menentukan hal-hal lainnya yang harus seperti ini-itu. Biarkan anak memilih dan menentukan banyak hal sebagai proses pembelajaran untuk menjadi dewasa dan kebersamaan, respek dan kepercayaan, berbagi waktu santai, nilai privat, berbagi waktu makan (Curran, 1983) agar anak nantinya dapat mengoreksi kesalahan yang telah anak lakukan.
·         What you can do now
-          Menjadi dewasa adalah sebuah tujuan dan anugerah.
-          Secara konsisten, bangun kekuatannya dan bukan kelemahannya.
-          Membayangkan saat menjadi seorang remaja dahulu, tentunya sangat menyenangkan, bukan? Jika kekhawatiran terhadap anak, definisikanlah kekhawatiran itu menjadi sebuah upaya untuk belajar mempercayainya. Ia pun akan tumbuh menjadi remaja yang kokoh dan mampu bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukannya.
-          Banyak – banyaklah ngobrol dengannya dalam berbagai kesempatan untuk lebih memahami proses pendewasaan dirinya.
d.      “aku udah mimipi ambil Design Grafis, eh... malah dipaksa ambil Ekonomi?”
·         Cerita
Lidya 17th anak ke-3 dari 3 bersaudara , anak putri satu-satunya dari pasangan Fathir 55th dan Lili 49 th. Lidya selalu memperoleh perhatian lebih baik dari kedua kakaknya maupun dari kedua orang tuanya. Inilah yang membuat permasalahan mulai muncul dari dilarangnyamengikuti liburan akhir SPA dan SMA serta saat Lidya mulai memiliki pilihan tersendiri untuk jurusan saat ia mulai untuk berkuliah. Lidya merasa bahwa orang tuanya itu terlalu egois terhadap pilihannya, disisi lain orang tuanya yain akan pilihannya dan masa depan Lidya kelak dan banyak pertimbangan-pertimbangan mengapa orang tuanya mengarahkan ke pilihannya tersebut dan sisi lain pilihan Lidya tidapat persetujuan dari kedua orang tuanya. Perbedaan inilah yang mengakibatkan Lidya mengajak ke dua orang tuanya untuk mendatangi seorang Psikolog untuk melakukan konseling guna mencari jalan keluar atau problem solving yang terbaik bagi masa depan Lidya kelak.
·         Solusi
Menentukan minat dan bakat ternyata bukan sesuatu yang mudah. Apalagi, kalau sejak dini anak tidak diarahkan untuk mencintai satu bidang tertentu. Biasanya, anak akan berkembang dalam pemahaman “serba bisa”. Sayangnya, segala sesuatu yang anak kuasai itu hanya setengah-setengah. Itupun kadang kala tidak sampai setengahnya. Pada akhirnya pun, banyak orang tua kebingungan untuk mengarahkan anaknya kepada satu kecenderungan penguasaan ilmu tertentu. Artinya perlu komitmen pada keluarga, waktu bersama dan saling menyemangati (Krysan, Moore & Zill,1990) agar anak tau akan pilihannya nanti dan afirmasi satu sama lain (Curran, 1983) agar kita tau sebagai orang tua bakat dan minat apa yang ada di dalam diri anak. Tentunya sebagai orang tua tetap mengarahkan tetapi bukan yang menetukan. Dan sebisa mungkin orang tua memberika pandangan kedepan dan lebih mendiskusikan pilhan akan sebuah putusan itu yang saling menguntungkan itu sebagaimana mestinya.
·         What you can do now
-          Apa yang kita lakukan dengan hati, pasti akan berhasil
-          Adalah sebuah anugerah jika anak remaja sudah memiliki impian yang dicita-citakan. Ini lebih baik daripada remaja yang belum tau apa-apa tentang masa depannya.
-          Jika muncul sebuah argumentasi dalam komunikasi, itu artinya seorang remaja ingin menguji pikiran dan nalarnya, sebagai persiapan untuk memasuki dunia dewasa.
-          Sikap yang tidak adil jika kita memperlakukan para remaja yang notabene mulai tumbuh menjadi dewasa menjadi anak-anak.
e.       “Ayah sih memang pedagang, tapi boro-boro mau memuji? Padahal, sudah banyak prestasiku selama ini!”
·         Cerita
Cecil 18th anak dari Hendri 56th. Ayah Cecil termasuk orang yang sukses,dengan kesuksessannya itulah yang mengharuskan ayah Cecil untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Selagi ada waktu luang ayah Cecil lebih membahas mengenai hal-hal yang seperlunya saja. Inilah yang membuat Cecil sedih dengan keadaan ayahnya. Ayahnya dulu tak begini ayahnya penuh perhatian dan selalu memberikan kasih sayang kepada Cecil, tetapi semenjak pekerjaan ayah Cecil mulai sukses mulailah semua ini terjadi. Ayah yang tak pernah memuji Cecil sekalipun Cecil juara / berprestasi. Cecil ingin menunjukkan itu semua kepada ayahnya, agar ayahnya tidak sia-sia telah bekerja keras untuknya. Cecil hanya ingin meskipun ayah sukses dengan dagangannya yang sekarang, ayah juga tetap perhatian dan memberikan kasih sayang kepada Cecil, itulah harapan Cecil saat itu.
·         Solusi
Pekerjaan dan besarnya penghasilan orang tua terkadang berpengaruh pada keluangan waktu yang mereka miliki untuk memperhatikan anak-anaknya dengan kebersamaan, respek dan kepercayaan, berbagi waktu santai, nilai privat, berbagi waktu makan (Curran, 1983), serta komitmen pada keluarga, waktu bersama dan saling menyemangati (Krysan, Moore & Zill,1990) maka dapat sedikit memperbaiki keadaan jika anak mulai untuk merasa jauh dari perhatian orang tua. Tak jarang anak melakukan banyak hal agar orang tua itu mengetahui bahwa anaknya ii ingin sekali diperhatikan. Dengan begitu anak dapat menerima kondisi keluarganya dan tentunya lebih bijak di dalam bersikap meskipun hanya ingin mernarik simpati ayahnya.
·         What you can do now
-          Temukanlah keajaiban kebahagian hati melallui saling memberi pujian dan saling menunjukkan kebanggaan.
-          Prestasi apapun yang di peroleh anak adalah aset yang yang sangat berharga dan merupakan cikal bakal dari realisasi cita-citanya.
-          Jika kita berbeda minat dengan anak, sebenarnya itu adalah sebuah pengembangan minat dan bakat yang dapat saling memperkaya.
-          Jika anak belajar untuk memeberikan pujian yang tulus, tentunya orang pertama yang dia puji adalah orang tuanya, begitu pula sebaliknya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar